6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berkemah | Wisata Kemah Cibodas

Hal-hal yang perlu dilakukan pada saat kemah | Hub. 083872551333
Desember 26, 2019
Yang perlu disiapkan sebelum berkemah.. | Wisata Kemah Cibodas
Desember 26, 2019

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berkemah | Wisata Kemah Cibodas

Wisata Kemah Cibodas – Berkemah adalah pilihan kegiatan liburan yang paling sederhana dan santai, sebuah kesempatan emas untuk menjalin kembali ikatan dengan keluarga atau orang-orang terdekat Anda, melarikan diri dari kebisingan kota dan bersatu dengan kemegahan alam, dan tidur dibawah taburan bintang. Berlibur dibawah tenda tidak harus berakhir derita. Kebanyakan kesalahan adalah keteledoran pemula, dan dapat dihindari dengan perencanaan matang. Berikut ini adalah 6 kesalahan umum yang sering terjadi saat berkemah yang harus Anda hindari jika ingin pengalaman berkemah Anda menjadi hal yang tak terlupakan (tanpa kenangan buruk).

  1. Persiapan alakadarnya

Bagi kebanyakan orang yang merencanakan liburan akhir pekan ataupun libur panjang bersama keluarga ataupun bersama kerabat Anda, biasanya hal buruk yang sering dilakukan adalah persiapan Anda yang ala kadarnya, dalam artian Anda hanya mempersiapkan apa-apa saja yang terlihat tanpa membuat sebuat list untuk Anda checklist terlebih dahulu. Ini berakibat pada ketika Anda berangkat dengan tergesa-gesa akan banyak yang tertinggal atau terlupakan.

  1. Salah Pilih Tempat Camping

Berkemah dapat berarti panas menyengat atau hujan banjir, nyamuk dan lintah, jamur beracun dan lain-lain. Dengan kata lain tidak semua area kemah diciptakan sama rata. Tidak banyak orang yang tahu bahwa lingkungan perkemahan memiliki andil penting dalam kesuksesan petualangan kemah Anda.

  1. Lupa bawa kotak P3K

Bahkan dengan semua tindakan pencegahan yang sudah dilakukan, Anda tidak akan kebal dari luka lecet. Dengan segala kegiatan fisiki seperti tracking, hiking, dan berlari, seseorang pasti akan terluka. Jika Anda lupa tidak membawa kotak P3K paling tidak Anda membawa obat luka seperti salep antibakteri dan perban.

  1. Mengandalkan GPS

Bawalah kompas dan peta manual, jangan cuma membawa kompas saja, tetapi Anda juga harus tahu cara menggunakannya. Karena menggunakan kompas tidak banyak orang yang tahu. Maka dari itu Anda juga perlu mengetahui ilmu tersebut. Jangan pula mudah percaya dengan mitos rakyat bahwa lumut yang tumbuh dibagian utara sebuah pohon artinya matahari terbit di sisi timur pohon tersebut, dan meniti sungai hingga hilir menjamin peradaban.

  1. Tidak bisa membuat api

Bawalah pemantik api, walaupun Anda dapat berburu ranting dan sampah untuk membuat api, akan selalu lebih baik untuk tidak bergantung pada sumber daya yang Anda tidak yakin Anda miliki. Namun, membuat api di area perkemahan juga ada aturannya. Misalnya, tidak membuat api dibawah teduhan pohon yang rendah, tidak meninggalkan api unggun yang menyala tanpa pengawasan, dan matikan api sebelum tidur.

  1. Kekurangan makanan dan cairan

Pada saat Anda melakukan aktivitas berkemah biasanya Anda menemukan masalah tentang sumber air bersih yang sulit ditemukan di alam liar. Maka dari itu, pastikan untuk membawa tablet iodin atau filter, bahkan jika perlu untuk menyaring air. Sangat mudah untuk menyepelekan berapa banyak makanan yang Anda butuhkan jika Anda tidak merencanakannya dari jauh-jauh hari. Sleama berkemah, Anda akan membutuhkan porsi makanan yang mencukupi (3 kali makan dan 2 kali makanan ringan). Perhitungan juga banyak makanan yang harus Anda bawa dengan jumlah rombongan kemping Anda, dan persiapan porsi cadangan, untuk mengatasi kelaparan mendadak setelah kecapekan beraktivitas seharian.

Nah, mungkin itulah sedikit pembahasan mengenai kesalahan yang sering dilakukan pada saat Anda berkemah. Jika Anda mencari tempat kemah yang sudah pasti terbaik, maka Anda bisa menghubungi kami dengan kontak yang ada dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi